Minggu, 27 April 2014

Visi Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng 2010-2015



VISI-MISI. Visi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2010-2015, di bawah kepemimpinan Bupati Andi Soetomo (kiri), dan Aris Muhammadiyah, yaitu: “Terwujudnya Soppeng yang Lebih Maju, Berdaya Saing dan Religius”. Untuk mewujudkan visi pembangunan daerah tersebut, Pemkab Soppeng merumuskan enam misi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng 2011-2015. (int)

 


----------------

Visi Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2010-2015



VISI


Visi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng tahun 2015 adalah “Terwujudnya Soppeng yang Lebih Maju, Berdaya Saing dan Religius”. Visi di atas memiliki tiga substansi pokok, yaitu:

1. Lebih Maju, dimaknakan sebagai kondisi daerah yang maju dan masyarakat yang sejahtera, yang ditandai dengan posisi dan keadaan yang lebih baik dan lebih maju dari kondisi saat ini. Kemajuan dimaksud diukur dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), penurunan Indeks Kemiskinan Manusia (IKM) peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita, pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, dan perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar (good governance)

2. Berdaya Saing, diartikan sebagai kondisi wilayah atau daerah yang memiliki daya tarik dan daya saing, yang diukur dengan membaiknya sarana dan prasarana wilayah, meningkatnya penanaman modal daerah, meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi, terkelolanya potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan, dan membaiknya kualitas sumber daya manusia.

3. Religius, dimaknakan sebagai tatanan masyarakat yang agamis, menjunjung tinggi etika dan moralitas, cinta kerukunan dan kedamaian, saling menghargai dan toleran, serta menjunjung tinggi hak-hak sesama manusia, yang ditandai dengan menurunnya konflik vertical dan horizontal, menurunnya angka kriminalitas, berkurangnya praktek-praktek KKN, dan menurunnya kasus pelanggaran Peraturan Daerah.


MISI

Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Daerah di atas, maka dirumuskan Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng 2011-2015 sebagai berikut:

1. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat yang lebih merata dan adil. Misi ini diarahkan, bukan hanya pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa peningkatan PDRB per kapita dan pengeluaran per kapita, penurunan angka kemiskinan, serta pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, tetapi juga akan memastikan bahwa peningkatan tersebut berlangsung secara lebih merata dan adil;
2. Mewujudkan kualitas sumberdaya manusia. Misi ini difokuskan pada upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan agar sumberdaya manusia termasuk sumberdaya aparatur Kabupaten Soppeng dapat lebih kreatif, inovatif, kompetitif dan professional;
3. Mewujudkan pengelolaan potensi sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Misi ini diorintasikan pada pengelolaan berbagai potensi sumberdaya alam, terutama pertanian dan pertambangan, yang lebih efisien, efektif dan produktif, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Pengelolaan sumberdaya alam dimaksud harus tetap senantiasa mendahulukan kepentingan masyarakat lokal;

4. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana daerah. Misi ini bertumpu pada upaya untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing wilayah. Ketersediaan sarana dan prasarana wilayah yang memadai, terutama infrastruktur dasar, menjadi factor penting untuk menggerakkan perekonomian daerah dan mendorong akselerasi pembangunan daerah pada semua aspek;

5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat otonomi desa. Misi ini mengedepankan upaya mewujudkan praktek pemerintahan daerah yang sesuai dengan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik, terutama pada tiga elemen pokoknya, yaitu akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi. Bersamaan dengan upaya itu, pemerintahan desa akan diperkuat keotonomiannya, mengingat pemerintahan desa merupakan tingkatan pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, khususnya dalam menyediakan dan memberikan pelayanan publik;

6. Mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang agamis, toleran dan harmonis. Misi ini mengutamakan upaya mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang saling menghormati, penuh toleransi, hidup berdampingan secara damai, dan terbebas dari konflik. Misi ini menjadi prasyarat dasar bagi berlangsungnya seluruh aktifitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Soppeng.

---------
Keterangan: Visi misi pembangunan Kabupaten Soppeng Tahun 2010-2015, diambil dari http://soppengkab.go.id/index.php/profil/visi-misi. (asnawin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar