Selasa, 22 April 2014

Kebijakan Pembangunan dan Program Unggulan Takalar


PATUNG Pahlawan Nasional asal Kabupaten Takalar, Padjonga Daeng Ngalle. Pemkab Takalar di bawah kepemimpinan Burhanuddin Baharuddin (bupati) dan Natsir Ibrahim (wakil bupati) telah menetapkan 12 Program Unggulan Pemerintahan Tahun 2013-2017, antara lain asuransi jiwa bagi masyarakat miskin dan program biaya penyelesaian studi. (Foto: Asnawin)








----------------


Kebijakan Pembangunan dan Program Unggulan Takalar


Untuk menjaga konsistensi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Takalar, terutama di dalam menjabarkannya ke dalam kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan daerah selama lima tahun ke depan (2013-2018), maka harus dibingkai dengan nilai-nilai budaya lokal yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Takalar.


Kebijakan Pembangunan



Di dalam peletakan kebijakan pokok pembangunan di Kabupaten Takalar, kami tetap memperhatikan realitas sosial, aturan yang ada, kemampuan potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang dimiliki. Berdasarkan hal itu, maka ditetapkan rumusan kebijakan utama pembangunan Kabupaten Takalar sebagai berikut:

1. Pembangunan sumberdaya manusia,
2. Pembangunan ekonomi dan keuangan daerah,
3. Pembangunan lingkungan hidup dan teknologi,
4. Pembangunan masyarakat dan pemerintah,
5. Pembangunan bidang hukum dan Kamtibmas.



12 Program Unggulan Utama



1. Asuransi Jiwa Bagi Masyarakat Miskin

Saat ini ada 70.000 Kepala Keluarga (KK) di Takalar. Jumlah masyarakat miskin yang tidak memiliki simpanan di bank, maupun di bawah bantal mencapai 25% atau sekitar 17.500 KK. Untuk premi asuransi jiwa/tahun Rp 50.000,-. Sehingga 17.500 dikalikan dengan Rp 50.000, jumlah kebutuhan anggaran untuk program ini adalah sebesar Rp 875.000.000,-.

Jika dibandingkan dengan total Anggaran Belanja Langsung pada APBD 2012 hanya menggunakan anggaran dikisaran 0,01 % dan APBD Takalar (yang diperkirakan APBD kita, kurang lebih 600 miliar). Bila terjadi klaim/musibah bisa mendapatkan santunan 20 juta juta rupiah untuk setiap Keluarga miskin.


2. Bantuan Modal Usaha dengan Pola Kemitraan

Bantuan ini akan disalurkan pada kelompok usaha kecil yang ada di Masyarakat berupa Pola kemitraan dengan SKPD. Untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran dan sesuai target maka penyalurannya melalui musyawarah Desa dengan perlibatan pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan Konsultan Pendamping. Sebagaimana Pola PNPM yang dilaksanakan selama ini Pembenan Bantuan Modal usaha hanya dibenkan kepada usaha padat karya.

Bantuan ini akan disalurkan pada kelompok usaha kecil yang ada di Masyarakat berupa Pola kemitraan dengan SKPD.

Untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran dan sesuai target maka penyalurannya melalui musyawarah Desa dengan perlibatan pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan Konsultan Pendamping. Sebagaimana Pola PNPM yang dilaksanakan selama ini

Pemberian Bantuan Modal usaha hanya dibenkan kepada usaha padat karya.


3. Beasiswa Bagi Siswa yang Berprestasi

Program ini akan diberikan kepada pelajar SD, SMP dan SMA yang memiliki prestasi belajaryang Konsisten.


4. Program Biaya penyelesaian Studi

Anggaran ini akan kami sediakan bagi mahasiswa SI, S2 yang berprestasi dan memiliki keterbatasan dana untuk penyelesaian studi. Program ini dibenkan bagi Mahasiswa Takalar yang kuliah di Indonesa saja dan sedang melakukan penelitian tentang Masalah ppmbangunan dan Kemajuan Kabupaten Takalar


5. Pertukaran Pelajar

Program ini diarhkan pada pelajar yang berprestasi dan memiliki keunggulan pada mata pelajaran tertentu. Untuk dikirim ke Kabupaten/Kota di Pulau Jawa atau daerah yang lebih maju termasuk Negara maju jika memungkinkan.



6. Melanjutkan dan Meningkatan Pendidikan dan Kesehatan Gratis yang Lebih Berkualitas

6.1. Menjaga kualitas mutu lulusan pelaksanaan pendidikan gratis sampai pada tingkat SMA.
6.2. Menjaga kualitas pelayanan pelaksanaan kesehatan Gratis
6.3 Member! Reward and Funish bagi sekolah dan penyedia layanan kesehatan yang berkualitas


7. Pembangunan Infrastruktur Daerah (PID)

7.1. Perbaikan Infrastruktur Jalan dan Jembatan
7.2. Perbaikan Infrastruktur Drainase dan kebersihan kota
7.3. Perbaikan Irigasi, Embung & bendungan Pammukkulu
7.4. Penyediaan sarana Air bersih pedesaan
7.5. Perbaiakan Fasilitas pendidikan dan Kesehatan
7.6. Perbaikan Fasilitas Pemerintahan
7.7. Perbaikan Fasilitas Keagamaan
7.8. Perbaikan Fasilitas Perbelanjaan
7.9. Perbaikan Fasilitas olahraga dan Seni
7.10. Penyediaan kawasan siap bangun
7.11. Perbaikan Kampung melalui Porgram terpadu



8. Pembangun Ekonomi Desa (PED)

Program ini bertujuan untuk menjadikan desa sebagai kekuatan Ekonomi, kegiatannya diarahkan pada perbaikan pasar tradisional di Sembilan kecamatan sebagai pasar unggulan, pembetukan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) pada desa percontohan dan memfungsikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyusun APBD Desa, Perbaikan pasar desa yang memiliki komoditas unggulan, pengembangan usaha produktif, pemberdayaan masyarakat desa melalui Lembaga Keuangan Mikro dan Pemanfaatan lahan tidur di setiap desa. Penataan desa wisata dan desa pantai.



9. Land Mark Kota Takalar 

Program ini diarahkan untuk penataan alun-alun kota yang dapat berfungsi sebagai pusat kegiatan masyarakat dan sport centre.

- Melakukan Penataan lahan dan ruang terbuka serta penataan lapangan olah raga sebagai pusat k eg i a tan masyarakat.
- Keberadaan alun-alun kota ini akan mengubah wajah kota takalar yg monoton menjadi lebih bercahaya, berestetika dan suasananya lebih hidup
- Adanya tempat umum bagi masyarakat yg mengandung nilai monumental untuk melakukan olah raga (tennis lapangan, futsal, senam, sepeda, jalan santai, sepak bola, bola voli, basket, bersantai, pentas hiburan, dan kegiatan masyarakat lainnya).



10. Pembangunan Kawasan Wisata Terpadu (KWT)

Program ini diarahkan pada pemanfaatan lahan strategis di wilayah pesisir dan kepulauan dengan membangun kawasan wisata terpadu sebagai pusat rekreasi, hiburan, perbelanjaan dan pendidikan (outbound) terintegrasi dengan program Mamminasata.


11. Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Sumberdaya Aparatur

- Mengoptimalkan fungsi dan peran Baperjakat
- Mengoptimalkan Pelatihan Kepimpinan bagi calon/pejabat Eselon melalui diklat kepemimpinan.
- Melakukan Fit and Propert test bagi calon pejabat eselon II dan III
- Optimalisasi potensi dan kapabilitas birokrasi
- Peningkatan ketrampilan Tenaga Kerja



12. Peningkatan Pelayanan Pemerintahan bagi Masyarakat Kepulauan

12.1. Mendorong percepatan pembangunan dermaga Kepulauan Tanakeke yg saat ini dalam tahap penyusunan anggaran pembangunan fisik yang dananya bersumber dari APBN. (tahap studi & DED telah di selesaikan),
12.2. Mendorong percepatan pembentukan wilayah kecamatan kepulauan Tanakeke,
12.3. Perbaikan infrastruktur desa, Penyediaan listrik dan air bersih di wilayah kepulauan Tanakeke,
12.4. Penyediaan sarana dan prasaran yang lebih memadai bagi desa kepulauan untuk mendorong akselerasi pembangunan desa termasuk penyediaan asrama pelajar dari kepulauan.

-------------
@sumber: http://www.takalarkab.go.id/index.php/pemerintahan/2011-11-17-16-33-43/2011-08-15-05-52-35/visidanmisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar