Selasa, 14 Oktober 2014

Rara Rizal, Penerjemah Papan Atas Indonesia Asal Pangkep


CEO Facebook Mark Zuckerberg, penerjemah Rara Rizal, musisi Abdee Slank, Presiden terpilih Joko Widodo (dari kanan ke kiri) dalam pertemuan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/10/2014). (Twitter.com/@wawawizal)








--------------------



Rara Rizal, Penerjemah Papan Atas Indonesia Asal Pangkep




Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2014/10/15/penerjemah-pertemuan-jokowi-dengan-bos-facebook-ternyata-anak-makassar

Chief Excecutive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg (30), Senin (13/10/2014) pagi, bertemu dengan Presiden terpilih Joko "Jokowi" Widodo di Balai Kota DKI Jakarta. Dalam sebuah foto yang beredar di Facebook dan twitter, Selasa (14/10/2014), pertemuan formal itu ada Jokowi, Mark, dan Abdee Slank.

Di antara Abdee, Jokowi dan pendiri Facebook itu, ada seorang wanita muda. Si wanita itu mempopulerkan diri dengan nama Rara Rizal. Usianya 23 tahun. Dan ternyata si Rara adalah lajang kelahiran Makassar. Tumbuh dan besar di Jl Sultan Hasanuddin, Pangkajene, Pangkep, bersama kakek (almarhum Zainal Abidin) dan neneknya (Hajjah Sitti Mariani Sanusi).

"Sejak kelas lima SD dia sudah selalu juara. Dia jago mengaji. Juara TPA sama anak SMA. Dan jadi guru mengaji di Masjid Agung," kata Alfian Muis, paman Rara kepada Tribun.

Anggota Fraksi Golkar DPRD Pangkep, Muhammad Yusran Lologau (22), mengenal Rara sebagai kakak yang supel, periang, dan ramah.

"Enaklah, gaul," kata Yusran yang kini jadi anggota DPRD termuda di Sulsel, kemarin.

Guru Rara di SMPN 2 Pangkajene, Muhammad Fitri Mubarak, mengenang Rara sebagai sosok gadis cerdas.

"Bahasa Inggrisnya selalu 10, dia pernah dapat beasiswa sekolah di Ankara, Turki, tapi sejak SMA sudah sekolah di Bandung. Saya tyang antar dia kesana dulu, kala nggak salah tahun 2005," kata Fitri.

Dan 10 tahun kemudian, Rara sudah sudah menjadi profesional muda. Penerjemah, atau freelancer interpreter papan atas Indonesia.

Rara hanya nama panggilan. Di SDN 28 Tumampua, Pangkep, guru-gurunya mengenal Rara, dengan Nurbaniara Mutmainnah Rizal.

Ayahnya, Dr Ir Achmad Rizal, M App Sc, PdD adalah Kepala Pusat Kajian Pengelolaan Pesisir dan Kelautan Terpadu di Universitas Tadulako, Palu. Seperti ayahnya, ibu Rara, Dr  Sri Ningsih, adalah juga seorang doktor ilmu pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB).




"Rara itu anak tengah. Ryan, kakaknya kuliah psikologi di Bandung. Adiknya kuliah di Palu," kata dokter Sri Zainal, tantenya yang ikut membesarkan Rara di Pangkep.

Dalam situs jasa penerjamah profesional ternama dunia, http://www.translatorscafe.com, Rara mendefinisikan dirinya dengan kalimat sederhana, "I am an interpreter and translator by day, musician and foodie by night."

Di translatorscafe.com, Rara bergabung dengan 5,914 agen penerjemah dari seluruh dunia bersama 215,597 registered users.

Karena pekerjaannya, alumnus SMA Pribadi Advanced School Kota Bandung ini, sudah keliling dunia.
Selengkapnya, silakan baca melalui Tribun Timur edisi cetak, Rabu (15/10/2014). (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar